Alasan Wajib Memiliki Company Integrated Business Planning

Alasan Wajib Memiliki Company Integrated Business Planning

Kini persaingan dalam dunia bisnis terus berlangsung dan semakin ketat. Perusahaan dan bisnis yang tidak mampu bersaing akan kalah dan bangkrut. Jika perusahaan Anda ingin tetap bertahan dan berkembang, maka pastikan untuk mempelajari dan membuat Integrated Business Planning (IBP).

IBP juga sering disebut dengan istilah perencanaan bisnis terpadu atau terintegrasi. Kenapa harus menggunakan perencanaan bisnis terpadu dalam menjalankan usaha? Temukan alasan pentingnya menggunakan IBP dalam bisnis melalui artikel di bawah ini!

Apa Itu Integrated Business Planning?

Integrated Business Planning (IBP) atau perencanaan bisnis terpadu merupakan sebuah proses untuk memadukan serta mengintegrasikan sasaran bisnis dan target keuangan dengan keputusan serta pelaksanaan di seluruh kegiatan operasional bisnis.

Artinya, perencanaan bisnis terpadu juga mengintegrasikan rantai pasokan, keuangan perusahan, pengembangan produk, pemasaran, dan fungsi operasional lainnya.

IBP dianggap sebagai rencana bisnis yang lebih modern dan menguntungkan bagi perusahaan. Perusahaan yang ingin memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko bisnis disarankan untuk menggunakan perencanaan bisnis terpadu dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan.

Tentu saja keberhasilan menerapkan IBP dalam perusahaan tetap tergantung dari budaya kerja yang dijalankan oleh perusahaan. IBP harus diterapkan dan dijalankan dengan komitmen kuat dari seluruh pihak manajemen perusahaan, baik itu atasan maupun bawahan.

Selain itu, masih banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan atau pelaksanaan perencanaan bisnis terpadu di dalam suatu perusahaan.

Kenapa Perlu Menggunakan IBP?

IBP kini menjadi salah satu metode perancangan yang digunakan oleh banyak perusahaan. Lalu, mengapa perusahaan harus menggunakan atau menerapkan integrated business planning? Hal ini karena banyak hal atau keuntungan yang bisa diperoleh dengan menerapkan IBP.

Berikut ini beberapa hal yang bisa diperoleh ketika menerapkan IBP dalam bisnis perusahaan, yaitu:

1. Membuat Bisnis Lebih Terarah dan Detail

Bisnis yang menerapkan IBP dalam proses perencanaan jangka panjang tentu akan lebih terarah dan detail. Hal ini membuat seluruh kegiatan operasional dilakukan dengan lebih fokus untuk mencapai tujuan perusahaan.

Ketika tujuan perusahaan tercapai, maka perusahan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan, baik keuntungan secara finansial maupun keuntungan non finansial lainnya.

2. Perusahaan akan Terus Maju dan Berkembang

Penerapan business planning terintegrasi membuat perusahaan mendapat kesempatan dalam mengembangkan dan memperluas bisnisnya agar lebih sukses. Bisnis yang dijalani perusahaan pun akan terus mengalami kemajuan dan menghasilkan banyak keuntungan.

Selain itu, penerapan perencanaan bisnis terpadu akan membantu perusahaan bertahan dari persaingan ketat antar perusahaan di bidang bisnis pada era globalisasi seperti sekarang. Perusahaan pun akan semakin kompetitif dengan menerapkan perencanaan bisnis terpadu.

Harapannya, IBP dapat membantu perusahaan bertahan dan terhindar dari kebangkrutan.

3. Pembelian Bahan Baku Lebih Tepat

Integrated business planning framework dapat membuat perusahaan membeli bahan baku di waktu yang tepat. Perusahaan pun mampu memenuhi permintaan pasar dengan bahan baku yang jumlahnya tepat atau tidak kekurangan maupun berlebihan.

IBP juga bisa membantu pembelian bahan baku perusahaan di harga yang tepat. Artinya, bahan baku dibeli dengan harga terbaik, tidak terlalu mahal maupun terlalu murah. Ketepatan waktu dalam pembelian bahan baku membuat biaya penyimpanan menjadi lebih rendah.

4. Membantu Membentuk Kolaborasi Antar Departemen

Hal lainnya yang bisa diperoleh perusahaan yang menerapkan integrated business planning adalah terbentuknya kolaborasi antar departemen dalam satu perusahaan. Kolaborasi yang dibentuk tentu saja merupakan kolaborasi yang lebih erat dan menimbulkan rasa saling percaya antara satu departemen dengan departemen lain.

Kolaborasi juga akan membuat sifat transparansi positif antar departemen berjalan dengan lebih baik demi kemajuan perusahaan.

5. Membantu Mengambil Keputusan dengan Tepat

Perencanaan bisnis terpadu juga akan membantu pihak manajemen untuk mengambil keputusan bisnis dengan tepat. Hal ini karena, IBP membantu memberikan data secara terpadu atau terintegrasi antara keuangan perusahaan dengan fungsi operasional perusahaan.

Selain itu, terciptanya kolaborasi yang baik antar departemen dalam satu perusahaan karena IBP membuat proses pengambilan keputusan juga berjalan dengan baik. Keputusan yang diambil juga sangat tepat untuk mendukung proses berkembangnya perusahaan.

Beda Integrated Business Planning dengan S&OP

Sebelum perencanaan bisnis terpadu dikenal dan digunakan dalam bisnis, banyak perusahaan yang menerapkan S&OP (Sales and Operations Planning) dalam menjalankan bisnisnya. Lalu bagaimana Integrated Business Planning vs S&OP?

Pada proses perencanaan IBP melibatkan seluruh proses bisnis, sementara itu S&OP hanya fokus pada penawaran serta permintaan.

IBP lebih menggunakan pandangan atau rencana jangka panjang untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Sementara itu S&OP lebih condong ke arah rencana jangka pendek yang dilakukan untuk mendorong pasokan dan output.

Praktik rencana keuangan yang dilakukan oleh IBP bersifat lebih komprehensif. Hal tersebut berbanding terbalik dengan S&OP yang melakukan praktik rencana keuangan secara tradisional dan bersifat lebih statis.

Cara Menggunakan IBP

IBP atau perencanaan bisnis perusahaan dibentuk atau dirancang oleh pihak manajemen perusahaan dengan bantuan software atau aplikasi. rencana bisnis terintegrasi yang sudah berhasil dibuat dan disepakati bersama kemudian akan digunakan atau diimplementasikan dalam kegiatan operasional perusahaan.

IBP harus digunakan oleh masing-masing departemen dalam perusahaan sesuai dengan porsinya. Selain itu, masing-masing pihak juga harus memantau, mengelola, dan mengontrol penggunaan IBP atau perencanaan bisnis perusahaan dengan baik.

Ketika terjadi kendala atau masalah dalam perusahaan, maka pihak manajemen bisa menggunakan rencana bisnis ini untuk segera mengambil keputusan. Keputusan yang diambil menggunakan IBP mempertimbangkan keuangan dan fungsi operasional perusahaan, sehingga keputusan tersebut akan tepat sasaran.

Sinkronisasi IBP dengan Software Mofin

Anggaran atau rencana keuangan perusahaan tidak dapat dipisahkan dari pembuatan IBP atau perencanaan bisnis terpadu. Pembuatan dan pelaksanaan integrated business planning memerlukan data keuangan terpadu yang bisa dipantau dan dikontrol.

Sebagai aplikasi atau software keuangan, Mofin dapat membantu Anda untuk memantau, mengelola, dan mengontrol keuangan perusahaan secara real time kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, Anda harus melakukan sinkronisasi IBP dengan software Morfin.

Bagaimana caranya? Silakan langsung hubungi Mofin.id untuk berlangganan dan melakukan sinkronisasi dengan data keuangan perusahan. Pihak Mofin.id akan memberikan bantuan untuk melakukan proses sinkronisasi Mofin dengan perencanaan bisnis terpadu, khususnya pada bagian keuangan perusahaan.

Membahas Tentang Mofin

Proses integrasi ERP seperti SAP integrated business planning merupakan tindakan yang penting dilakukan untuk keberlangsungan bisnis di era digital seperti sekarang. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan software Mofin.

Mofin merupakan software yang memiliki sistem budgeting integration, sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat IBP. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Mofin juga sangat bermanfaat untuk memantau jalannya IBP terutama untuk bagian keuangan atau budgeting secara update dan real time.

Penutup

Apakah Anda ingin menggunakan IBP dalam bisnis? Jika menginginkannya, maka jangan lupa juga memilih software yang bisa membantu menggunakan IBP. Software yang tepat akan membantu IBP menghasilkan hasil yang optimal untuk kemajuan perusahaan.

Jangan ragu lagi untuk langsung menggunakan Mofin! Menerapkan integrated business planning menggunakan berbagai fitur software Mofin untuk membuat anggaran keuangan dalam IBP atau perencanaan bisnis terpadu dengan tepat.

Mofin by DIGITS

Message us through this form; email; or chat, we will answer your inquiries within 24 hours on business days.