Promosi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan, meningkatkan volume penjualan, dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Di era serba digital seperti sekarang, promosi dapat dilakukan dengan bantuan Trade Promotion Management software.
Software TPM memberikan kemudahan bagi perusahaan Anda untuk mengelola promosi perdagangan. Selain itu, software TPM juga membuat promosi yang dijalankan lebih efektif dan efisien. Informasi lebih lengkap tentang software TPM akan dibahas melalui artikel ini!
Apa Itu Trade Promotion Management?
Secara singkat, Trade Promotion Management (TPM) merupakan metode manajemen atau pengelolaan strategi promosi perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Fokus TPM berkaitan langsung dengan aspek logistik dan taktis yang dilakukan dalam promosi perdagangan perusahaan.
TPM dapat digabungkan atau diintegrasikan dengan Trade Promotion Optimization (TPO) untuk membentuk strategi promosi yang lebih baik. Data yang dimiliki dalam TPO dapat membantu eksekusi atau pelaksanaan TPM, sehingga promosi perdagangan yang dilakukan oleh perusahaan menghasilkan hasil lebih optimal.
Apa Itu Trade Promotion?
Trade promotion atau promosi perdagangan merupakan salah satu strategi marketing yang membuat produk terlihat semakin menarik, sehingga dapat meningkatkan volume penjualan produk tersebut. Trade promotion dilakukan melalui promosi kepada para trader, pedagang, grosir, maupun retailer.
Contoh Trade Promotion dalam Beberapa Sektor Bisnis
Trade promotion atau promosi perdagangan dapat dilakukan di dalam berbagai sektor bisnis. Seperti apa contoh dari trade promotion?
1. Trade Promotion dalam Retail
Salah satu Trade Promotion Management dalam bisnis retail adalah menjual barang-barang dalam bentuk bundel atau paket. Produk yang pergerakan penjualannya lambat dapat dipasangkan atau dijadikan satu paket dengan produk populer, sehingga penjualannya meningkat.
Anda juga bisa menerapkan trade promotion berupa diskon dengan syarat tertentu. Misalnya, perusahaan menawarkan produk gratis kepada para pengecer yang membeli produk dalam jumlah tertentu.
Sales contest juga bisa diterapkan oleh perusahaan dengan memberikan hadiah kepada pengecer atau toko retail yang berhasil menjual produk paling banyak. Trade promotion yang satu ini sangat efektif untuk meningkatkan volume penjualan produk demi meraih keuntungan.
2. Trade Promotion dalam Foodservices
Salah satu Trade Promotion Management services yang dilakukan dalam bisnis foodservices adalah display fixtures. Caranya adalah membuat penempatan atau tata ruang yang menarik, seperti tampilan interaktif. Tujuannya adalah memikat atau menarik perhatian konsumen.
Mengapa Trade Promotion Management Penting?
TPM memiliki peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan perusahan, sehingga tidak heran banyak perusahaan yang menerapkan TPM dengan optimal. Kegiatan promosi perdagangan yang dikelola dengan tepat bahkan bisa menyumbang rata-rata 20% dari total pendapatan bersih perusahaan.
Selain itu, TPM juga sangat penting bagi perusahaan karena mampu meningkatkan keuntungan perusahaan sebesar 10-15%. Banyak keuntungan yang dihasilkan oleh TPM yang efektif menjadi alasan utama TPM sangat penting dilakukan oleh perusahaan.
Memangnya, apa saja keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dari Trade Promotion Management system yang efektif dan efisien? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa keuntungan dari pelaksanaan TPM bagi perusahaan, yaitu:
– Informasi yang akurat dan tepat waktu, sehingga keputusan yang diambil dalam pelaksanaan promosi perdagangan lebih tepat
– Kemampuan untuk merencanakan promosi berdasarkan analitik
– Integrasi organisasi dan mitra yang efisien
– Indikator kinerja utama yang tepat
Langkah Melakukan Trade Promotion Management
Bagaimana cara untuk melakukan TPM? Jika penasaran, maka berikut ini langkah-langkah untuk melakukan manajemen promosi perdagangan dengan tepat, yaitu:
1. Standarisasi
Standarisasi harus dilakukan pada tahap awal perusahan akan melaksanakan TPM. Proses standarisasi ini bertujuan untuk meminimalkan kemungkinan kesalahan pekerja di setiap komponen kunci pelaksanaan manajemen promosi perdagangan.
2. Manajemen Promosi
Tahap selanjutnya yang dilakukan adalah mengelola promosi yang dilakukan perusahaan. Promosi yang sudah terlalu lama atau kadaluarsa harus dihilangkan. Software TPM sebagai pusat data akan memudahkan persetujuan pelaksanaan promosi, membayar klaim, dan clear deductions.
3. Akuisisi Data
Akuisisi data yang masuk ke perusahaan harus dijaga dan dicatat dengan baik untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.
4. Verifikasi
Seluruh proses keuangan yang terjadi selama proses manajemen perdagangan harus melalui proses verifikasi. Pastikan setiap transaksi permintaan pembayaran itu valid dan tidak duplikat. Caranya dengan membandingkan setiap klaim dengan persyaratan kontrak dan produk terkait.
5. Rekonsiliasi
Jika ditemukan faktur tidak valid, maka pengajuan klaim promosi akan tertunda. Kendala ini harus segera diselesaikan, sehingga promosi dapat kembali diperbarui.
6. Penyelesaian
Langkah penyelesaian harus dilakukan terhadap berbagai kendala yang terjadi selama proses promosi.
7. Analisis dan Pelaporan
Analisis dan pelaporan merupakan tahapan akhir dalam pelaksanaan TPM. Analisis dilakukan terhadap kinerja strategi promosi yang dilakukan. Pelaporan dilakukan untuk melihat hasil akhir atau pencapaian kegiatan promosi.

Apa Itu Trade Promotion Management Software dan Fungsinya?
TPM software merupakan aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk membantu proses perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen promosi perdagangan. Perusahaan Anda dapat menggunakan software ini untuk mengumpulkan data dan informasi yang akurat.
Data dan informasi yang dikumpulkan kemudian dianalisis untuk merencanakan kegiatan promosi perdagangan. Selain itu, TPM software juga berfungsi untuk membantu perusahaan meningkatkan ROI, meningkatkan pangsa pasar, mendapat keunggulan kompetitif, dan membuat perkiraan penjualan.
Fitur di dalam TPM software juga bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi inefisiensi yang mungkin terjadi. Jika ditemukan inefisiensi atau tindakan yang tidak efisien, maka perusahaan bisa segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya.
TPM software dapat digunakan sendiri tanpa diintegrasikan dengan software lain. Namun, untuk hasil yang lebih optimal, TPM software sebaiknya diintegrasikan dengan software lain. Misalnya, software sistem manajemen ritel, sistem rantai pasokan, software logistik, keuangan, dan lain sebagainya.
Software Trade Promotion Management solution yang baik dilengkapi dengan beberapa fitur atau fungsi, yaitu Reporting and Analitik, Contract Management, Calendar Promotion Planning, Automated Claims Processing, Issue Checks, dan Close Deductions.
Membahas Tentang Mofin
TPM software dapat diintegrasikan atau dihubungkan dengan berbagai jenis software lainnya sesuai kebutuhan perusahaan. Jika ingin menghubungkannya dengan software keuangan, maka sebaiknya pilih software Mofin.
Mofin merupakan software keuangan yang bisa dilakukan untuk membuat anggaran keuangan. Di dalam TPM, fitur-fitur Mofin dapat dimanfaatkan untuk membuat anggaran promosi perdagangan perusahaan.
Mofin juga bisa digunakan untuk mendapatkan data keuangan yang berguna dalam analisis promosi TPM. Nantinya, Mofin juga bisa memberikan informasi perkembangan keuangan perusahaan setelah berjalannya promosi menggunakan TPM.
Informasi keuangan yang diberikan Mofin dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sehingga sangat memudahkan pengguna dalam memantau, mengelola, maupun mengontrol keuangan perusahaan.
Penutup
Gunakan Mofin untuk membantu mengelola dan mengontrol keuangan perusahaan! Mofin juga dapat digunakan untuk memantau TPM yang dijalankan perusahaan. Dijamin Anda akan mendapatkan banyak benefit karena fitur yang dimilikinya lengkap dan mudah digunakan!