Trade Promotion Optimization: Pentingnya Perencanaan dan Manfaatnya

Trade Promotion Optimization: Perencanaan dan Manfaatnya

Berbagai jenis strategi bisnis perlu dilakukan agar perusahaan terus maju, berkembang, dan tidak kalah saing dengan kompetitornya. Trade Promotion Optimization (TPO) menjadi salah satu jenis strategi bisnis yang harus perusahaan Anda lakukan.

Memangnya, apa yang dimaksud dengan TPO? Bagaimana proses perencanaannya? Apa saja benefit yang dihasilkan? Artikel ini akan memberikan informasi lengkap tentang Trade Promotion Optimization.

Trade Promotion Optimization

Secara singkat, TPO dapat diartikan sebagai suatu strategi untuk optimalisasi promosi perdagangan dalam suatu bisnis. TPO dapat dilakukan dengan melakukan promosi kepada para trader, pedagang, grosir, maupun retailer.

TPO merupakan bagian dari revenue management atau manajemen pendapatan perusahaan. Kampanye pemasaran TPO lebih diarahkan pada retail atau grosir dibandingkan langsung ke konsumen akhir. Oleh karena itu, ada juga jenis promotion optimization in retail.

Tujuan dari TPO adalah meningkatkan volume atau jumlah pembelian produk secara langsung terhadap perusahaan maupun melalui distributor. Caranya dengan membuat promosi agar produk terlihat lebih menarik bagi pelanggan.

Optimalisasi promosi perdagangan juga dilakukan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan demi menjalankan promosi.

Harapannya, TPO juga bisa membantu perusahaan mengoptimalkan biaya promosi. Artinya, perusahaan ingin menekan biaya promosi, tetapi tetap bisa menjalankan promosi perdagangan dengan optimal.

Berdasarkan hal tersebut, TPO juga dapat diartikan sebagai cara untuk meminimalkan pengeluaran perusahaan sambil meningkatkan ROI pada strategi perdagangan. TPO mencegah pengeluaran perdagangan yang besar gagal meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek dagang perusahan.

Hal Penting dalam Trade Promotion Optimization

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam TPO adalah promosi. Anda harus memahami strategi promosi dengan baik dan mampu membuat perencanaan promosi yang menarik. Perencanaan strategi promosi dapat dibuat dengan bantuan teknologi AI Trade Promotion Optimization.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan promosi juga harus dilaksanakan dengan optimal. Artinya, promosi dalam TPO harus dilakukan ketika waktu yang tepat. Promosi tersebut juga harus dilakukan semaksimal mungkin agar menarik perhatian pelanggan yang menjadi target penjualan.

Selain itu, hal penting lainnya adalah menjalankan promosi dalam TPO harus memperhatikan tempat atau media promosi. Di era serba digital seperti sekarang promosi dapat dilakukan melalui berbagai macam media sosial, seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan sosial media lainnya.

Trade Promotion Optimization untuk Trade Promotion Management

Di dalam mempelajari TPO, Anda juga harus memahami tentang Trade Promotion Management (TPM). TPM memiliki fokus berurusan langsung dengan aspek logistik dan taktis yang dilakukan dalam promosi perdagangan perusahaan.

Sementara itu, TPO lebih fokus pada skenario “Bagaimana-Jika” serta menggunakan data promosi sebelumnya untuk membuat rencana promosi di masa yang akan datang.

Dulu banyak perusahaan yang berpendapat bahwa TPO hanya bisa dilaksanakan jika TPM yang baik sudah diterapkan. Namun, pada kenyataannya TPO dan TPM dapat diintegrasikan atau digabungkan untuk membentuk strategi promosi yang lebih baik.

Data yang dimiliki dalam TPO dapat membantu eksekusi atau pelaksanaan TPM, sehingga promosi perdagangan yang dilakukan oleh perusahaan menghasilkan hasil lebih optimal.

Trade Promotion Planning

Perencanaan TPO dapat dilakukan ketika Anda memahami Trade Promotion Optimization algorithms. Caranya dengan melakukan analisis kondisi pasar dan pola perilaku konsumen untuk menentukan strategi promosi paling optimal yang sesuai dengan pelanggan.

Selain itu, dalam proses trade promotion planning, Anda harus bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini, yaitu:

–   Bagaimana mengukur keberhasilan promosi?

–   Data apa saja yang sudah dimiliki dan masih relevan serta jenis data baru apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari TPO?

–   Bagaimana proses menganalisis keberhasilan TPO dari waktu ke waktu?

–   Bagaimana merampingkan proses perencanaan TPO?

–   Bagaimana penjadwalan promosi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor dari luar?

–   Bagaimana melakukan analisis pasca promosi yang dimasukkan dalam siklus peningkatan pendapatan berkelanjutan?

Benefit Trade Promotion Optimization

AI driven promotion optimization solution atau TPO yang menggunakan teknologi AI dapat memberikan banyak benefit bagi perusahaan. Apa saja benefit atau keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan penerapan TPO?

Jika penasaran, maka berikut ini beberapa benefit atau keuntungan bagi perusahaan yang menerapkan TPO, yaitu:

1. Strategi Promosi Perdagangan lebih Optimal

Benefit pertama yang diperoleh perusahaan adalah memiliki strategi promosi perdagangan yang lebih optimal. Hal ini dikarenakan strategi promosi yang dipilih berdasarkan analisis data TPO dan pelaksanaan TPM yang maksimal.

Promosi yang tepat akan membuat jumlah produk yang terjual pun semakin meningkat, sehingga membuat keuntungan perusahaan semakin meningkat.

2. Menghemat Biaya untuk Promosi

Jika melakukan promosi yang kurang tepat, maka biaya yang dikeluarkan untuk promosi tidak sebanding dengan hasil dari kegiatan promosi tersebut. Namun, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan Trade Promotion Optimization model yang tepat.

TPO membantu perusahaan memilih strategi promosi yang tepat, sehingga biaya promosi yang dikeluarkan tidak akan sia-sia. Biaya promosi yang berhasil ditekan oleh TPO tentu saja akan lebih menghemat anggaran pengeluaran perusahaan.

3. Memiliki Kesempatan untuk Memperoleh Pelanggan Baru

Benefit lainnya yang bisa didapatkan perusahaan adalah memiliki kesempatan memperoleh pelanggan baru. Ketika perusahaan menerapkan strategi promosi yang tepat, maka tidak hanya pelanggan lama yang akan semakin tertarik dengan produk perusahaan.

Strategi promosi yang tepat dapat membuat orang-orang yang melihatnya tertarik dan akhirnya membeli produk perusahaan. Akhirnya, mereka pun menjadi pelanggan baru yang bisa meningkatkan pendapatan perusahaan.

4. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Salah satu tujuan promosi dilakukan adalah menyebarluaskan informasi tentang produk yang dijual perusahaan. Promosi yang menarik dan tersebar luas akan membuat banyak orang ingin membeli dan memiliki produk tersebut.

Pada akhirnya, promosi dengan TPO yang tepat bukan hanya meningkatkan jumlah produk yang dijual, tetapi bisa meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Keuntungan yang diperoleh bukan hanya keuntungan finansial, tetapi perusahan juga memperoleh keuntungan non finansial.

Membahas Tentang Mofin

Promotion optimization pastinya berhubungan erat dengan keuangan perusahaan. Hal ini karena perusahaan membutuhkan biaya dalam melaksanakan optimalisasi promosi perdagangan. Selain itu, pengaruh dari TPO juga bisa dilihat dari pertumbuhan pendapatan perusahaan.

Anda bisa melakukan manajemen keuangan perusahaan dengan menggunakan software mofin. Software mofin juga memudahkan dalam membuat anggaran perusahaan untuk TPO dan keperluan perusahaan lainnya.

Selain itu, peningkatan penghasilan perusahaan karena TPO juga dapat dipantau secara real time menggunakan software Mofin. Berbagai fitur Mofin yang lengkap dan mudah digunakan pastinya bisa membantu manajemen keuangan perusahaan Anda.

Penutup

Apakah Anda sedang mencari Trade Promotion Optimization tools? Salah satu tools yang bisa membantu memantau hasil dari TPO pada aspek peningkatan pendapatan perusahaan adalah Mofin. Tidak usah ragu lagi, gunakan saja Mofin sebagai pilihan software terbaik dan berkualitas!

Mofin by DIGITS

Message us through this form; email; or chat, we will answer your inquiries within 24 hours on business days.