Seberapa pentingkah business budget plan? Perencanaan keuangan suatu perusahaan akan mempengaruhi perkembangan perusahaan di masa depan. Perusahaan akan lebih efektif dan efisien dalam semua jenis pembiayaannya.
Dengan perencanaan keuangan yang baik, perusahaan juga akan mampu menentukan keputusan yang tepat dari setiap strategi bisnis. Seperti menambah jumlah produksi atau tidak, melakukan penghematan, dan lain sebagainya.
Simak terus berbagai hal terkait pentingnya bisnis budget plan, hingga cara membuat perencanaan keuangan terbaik berikut!
Mengapa Bisnis Budget Plan Penting?
Tahukah Anda bahwa ternyata masih banyak perusahaan kecil yang belum memiliki perencanaan anggaran bisnis? Padahal the point of budgeting in small business sangat penting untuk mengetahui bagaimana kinerja suatu bisnis. Tanpa adanya perencanaan tersebut, tidak sedikit usaha yang gulung tikar.
Sekecil apapun sebuah usaha, seharusnya memiliki perencanaan anggaran yang matang. Dengan budgeting ini Anda akan tahu uang yang dimiliki, berapa banyak yang harus dibelanjakan, dan berapa pendapatan yang akan didapatkan.
Dengan memiliki data-data tersebut pastinya akan mempermudah dalam mengambil keputusan.
Contoh business preparation budgets tersebut seperti apakah harus melakukan penghematan, menambah karyawan, atau menambah biaya produksi. Anda akan tahu prioritas keuangan yang perlu dilakukan. Keputusan bisnis yang tepat ini juga yang akan membuat usaha lebih cepat berkembang.
Dari berbagai uraian tersebut, ada beberapa manfaat pokok dari sebuah bisnis budget plan. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut!
- Sebagai pedoman setiap aktivitas bisnis
Perencanaan penganggaran ini berisi berbagai anggaran yang sudah diplot di masing-masing bagian bisnis. Mulai dari bagian produksi, pemasaran, hingga proyeksi pendapatan. Dengan adanya perencanaan tersebut perusahaan akan siap dan lebih fokus dalam aktivitas usaha.
Apalagi jika Anda menggunakan tools terbaik dalam membuat anggaran keuangan. Tools yang mampu memberikan data yang akurat, sehingga realisasi dari setiap anggaran akan semakin mudah dilakukan.
- Membantu manajemen perusahaan dalam mereview keuangan perusahaan dengan lebih mudah
Adanya bisnis budget plan ini juga akan membuat perusahaan lebih mudah dalam mengevaluasi setiap aktivitas bisnis yang dijalankan. Apakah semua kegiatan bisnis tersebut benar-benar bisa efektif dan efisien. Dari evaluasi tersebut nantinya akan dilakukan perbaikan demi perbaikan dalam setiap aktivitas bisnis kedepannya.
- Mempermudah dalam koordinasi setiap bagian perusahaan
Budget plan ini digunakan sebagai pedoman bersama dalam melakukan setiap kegiatan bisnis di sebuah perusahaan. Karena itulah setiap bagian akan lebih mudah dalam berkoordinasi.
Pedoman proposal budget plan ini juga membuat teamwork semakin solid. Perusahaan juga lebih mudah dalam mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan dalam budget plan tersebut.
Cara Membuat Business Budget Plan
Sebelum membuat business budget plan ini Anda harus tahu apa saja komponen yang ada di dalamnya. Artinya komponen-komponen inilah yang harus ada di dalam budget plan tersebut.
Ada tiga komponen di dalam perencanaan anggaran keuangan, yaitu:
- Pendapatan
Komponen pertama yang ada di dalam budget plan ini berupa proyeksi pendapatan. Inilah yang nantinya menjadi dasar dari bentuk perencanaan keuangan tersebut. Sehingga semua kegiatan bisnis akan difokuskan untuk mendorong pendapatan tersebut.
Dalam membuat proyeksi pendapatan secara akurat, bisa dilakukan dengan mereview pendapatan pada periode sebelumnya. Jika belum memilikinya, Anda harus melakukan riset pasar. Riset pasar ini mengacu pada kondisi pasar, bagaimana produk sejenis di pasaran, dan lain sebagainya.
Tentunya dalam melakukan riset pasar tersebut harus dilakukan oleh para profesional. Sehingga data yang didapatkan akan lebih akurat, dan lebih dekat dengan kenyataan.
- Pengeluaran
Proyeksi pengeluaran ini berdasarkan beban biaya yang digunakan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Uang yang dikeluarkan tersebut harus bisa meningkatkan nilai produk, sehingga pendapatan diharapkan akan lebih besar.
Selain itu, perencanaan pengeluaran ini juga akan membuat semua aktivitas bisnis bisa berjalan lebih efektif dan efisien.
Biaya biaya pengeluaran ini biasanya dibedakan ke dalam tiga kategori. Mulai dari biaya tetap, biaya variabel, dan biaya semi variabel.
- Keuntungan
Keuntungan didapatkan dari pendapatan dikurangi dengan pengeluaran. Dari perkiraan keuntungan ini nantinya perusahaan akan lebih mudah dalam menentukan keputusan bisnis. Di bagian ini pula Anda bisa melakukan evaluasi ulang untuk lebih mengefisienkan pengeluaran atau memaksimalkan pendapatan.
Setelah mengetahui tiga komponen tersebut, Anda akan lebih mudah dalam membuat perencanaan anggaran keuangan ini. Nah, berikut langkah-langkah membuat perencanaan anggaran bisnis!
- Menyusun anggaran pendapatan
Anggaran pendapatan ini bisa diperoleh dari hasil penjualan. Dalam memperkirakan jumlah pendapatan, Anda bisa mengalikan jumlah produk dengan harga. Dari akumulasi tersebut, Anda bisa menemukan jumlah anggaran pendapatan yang akan didapatkan di masa depan.
- Menyusun anggaran produksi
Anggaran produksi ini ditentukan berdasarkan jumlah penjualan yang ditargetkan. Seberapa besar produksi yang ditargetkan juga harus disesuaikan dengan proyeksi pendapatan tersebut.
- Menyusun anggaran biaya bahan baku
Anggaran bahan baku ini dihitung berdasarkan jumlah produksi yang ditargetkan.
- Menyusun anggaran biaya tenaga kerja
Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan juga harus disesuaikan dengan kapasitas produksi. Kalkulasi jumlah tenaga kerja ini tentunya harus dilakukan dengan seefektif mungkin. Jangan sampai beban tenaga kerja terlalu kecil, atau juga terlalu berat, karena akan berdampak pada efektivitas dalam produksi.
- Menyusun anggaran biaya overhead
Biaya overhead adalah biaya yang dikeluarkan di luar biaya produksi. Namun, biaya ini juga akan berpengaruh pada kelancaran produksi. Bisa dikatakan biaya ini adalah biaya lain-lain, seperti biaya untuk perlengkapan kantor, tagihan listrik, asuransi, dan lain sebagainya.
- Menyusun anggaran beban pokok penjualan
Beban pokok penjualan ini merupakan biaya yang digunakan untuk mendapatkan suatu barang, hingga barang siap untuk dijual. Di dalam perusahaan dagang, biaya ini merupakan semua biaya untuk membeli suatu barang, kemudian barang tersebut akan dijual kembali dengan menentukan margin keuntungan.
- Menyusun anggaran biaya non manufaktur
Budgeting process ini merupakan biaya yang harus dikeluarkan selain biaya untuk memproduksi barang. Biaya ini antara lain biaya administrasi, pemasaran, distribusi, dan lain sebagainya.
Langkah-langkah ini merupakan konsep utama dalam menyusun sebuah business budget plan. Meski terlihat sederhana, namun sebenarnya di setiap bagian tersebut terdapat banyak komponen yang rumit. Anda mungkin membutuhkan sebuah tools yang memudahkan dalam menyusun anggaran tersebut.
Gunakan Tools Terbaik dalam Menyusun Bisnis Budget Plan
Setelah membaca semua penjelasan terkait langkah-langkah dalam menyusun bisnis budget plan, tentunya Anda sudah mengerti konsepnya secara garis besar, bukan? Namun, untuk menyusun langkah demi langkah, pastinya Anda membutuhkan sebuah tools terbaik.
Kami menghadirkan aplikasi yang pastinya akan memudahkan Anda untuk mendapatkan perencanaan anggaran terbaik, yaitu Mofin.
Mofin menyediakan semua fitur profesional yang akan membuat financial budget perusahaan Anda semakin efektif dan efisien. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan bisa diakses oleh semua tim manajemen perusahaan secara realtime. Sehingga semua aktivitas bisnis di perusahaan lebih fokus, dan lebih mudah meraih tujuan bisnis.
Itulah langkah membuat business budget plan terbaik yang harus Anda lakukan. Bersama Mofin, langkah-langkah penyusunan anggaran tersebut akan lebih sederhana dan mudah dilakukan. Jadi, raih kesuksesan bisnis Anda sekarang juga bersama kami.