Setiap perusahaan entah skala kecil, menengah, hingga besar pastinya membutuhkan marketing untuk mengenalkan produknya. Besar kecilnya anggaran pemasaran ditentukan oleh bidang bisnis, target pasar, dan sebagainya. Karena itu, perusahaan membutuhkan marketing plan budget agar penjualan lebih optimal.
Pada prinsipnya sebuah strategi marketing bertujuan untuk mengenalkan nilai produk yang dimiliki. Semakin efektif marketing yang digunakan, akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Keefektifan strategi tersebut, tentu tidak selalu membutuhkan biaya yang besar.
Karena itulah rencana anggaran pemasaran ini dibutuhkan agar biaya pemasaran lebih efisien. Simak apa itu marketing plan budget dan bagaimana cara membuatnya berikut!
Apa itu Marketing Plan Budget
Marketing budget adalah rencana anggaran pemasaran akan sangat berpengaruh terhadap seberapa efektif pemasaran yang dilakukan. Anggaran ini khusus dialokasikan untuk kepentingan pemasaran. Setiap jenis perusahaan memiliki beberapa faktor yang berbeda-beda, tergantung dari bidang usahanya, segmentasi pasar, dan sebagainya.
Berbagai contoh marketing budget plan dari anggaran pemasaran ini seperti aktivitas promosi, event, digital marketing, SEO, pembuatan konten marketing, dan masih banyak lagi lainnya. Apalagi sekarang ini semakin banyak metode pemasaran yang dilakukan, karena perkembangan internet dan dunia digital.
Aktivitas marketing ini harus dijalankan seefektif dan seefisien mungkin. Anda harus tahu bagaimana strategi marketing terbaik. Tidak semua event budget yang besar akan menghasilkan dampak yang besar, begitu juga sebaliknya.
Buktinya sekarang ini banyak sekali produk-produk rumahan yang bisa mendapatkan penjualan sangat besar hanya dari promosi di media sosial. Strategi yang jitu akan memaksimalkan semua metode promosi yang digunakan. Karena itulah, marketing budget ini harus disesuaikan dengan strategi yang tepat.
Kenapa Marketing Plan Budget Penting?
Secara konsep, marketing diperlukan untuk mengenalkan nilai dari produk. Proses yang dilakukan tersebut harus dikelola dengan baik dan pastinya membutuhkan berbagai biaya. Tanpa adanya pembiayaan yang jelas terhadap proses pemasaran ini tentunya membuat pemasaran tidak akan maksimal.
Ada banyak sekali faedah yang bisa didapatkan dari penganggaran ini. Nah, beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut!
- Menjadi pedoman dalam setiap langkah pemasaran. Artinya dengan adanya pedoman ini, Anda tidak akan membelanjakan terlalu banyak untuk aktivitas pemasaran.
- Membantu dalam mengalokasikan dana ke tempat yang tepat. Hal ini berkaitan dengan strategi terbaik dari anggaran pemasaran yang dimiliki. Sehingga pemasaran akan jauh lebih efektif.
- Membantu dalam menetapkan tolok ukur suatu pemasaran. Tolok ukur tersebut ditentukan dari hasil pemasaran dengan target yang dicapai. Sehingga manajemen akan terdorong untuk mencapai target tersebut.
- Bisa digunakan dalam rencana pemasaran dalam jangka waktu yang panjang. Strategi pemasaran haruslah terus menerus diperbarui, apalagi kondisi di masyarakat selalu berubah setiap waktu. Karena itulah rencana pemasaran ini harus bisa terus disesuaikan dalam jangka waktu yang lebih lama.
- Anggaran rencana pemasaran merupakan investasi di masa depan. Mungkin banyak orang melihat pemasaran bukan bagian dari proses bisnis. Namun kenyataannya pemasaran ini akan menjadi investasi untuk membuat brand awareness semakin kuat di masyarakat.
- Rencana pemasaran ini akan memudahkan dalam memantau setiap perkembangan bisnis. Apakah penjualan produk efektif atau tidak dengan strategi pemasaran yang dilakukan.
- Mempermudah perusahaan untuk menyusun strategi bisnis. Pemasaran yang erat kaitannya dengan konsumen akan terus mengetahui setiap kondisi di masyarakat secara realtime. Hal ini tentunya bisa memberikan fleksibilitas kepada perusahaan dalam mengubah strategi yang lebih efektif dan efisien.
Perusahaan akan lebih mudah memanfaatkan peluang. Dengan berbagai peluang tersebut, tentunya perusahaan akan lebih mudah mengembangkan bisnis.
Bagaimana Kriteria Marketing Plan Budget yang Baik?
Anggaran pemasaran yang baik harus memiliki kriteria yang jelas. Mulai dari tujuan keuangan, strategi brand, sasaran, rencana penjualan, promosi, hingga evaluasi.
Nah, berikut ini beberapa komponen yang harus ada di dalam marketing plan yang baik.
- Tujuan Keuangan
Dalam membuat anggaran rencana pemasaran ini, Anda harus menetapkan tujuan keuangan yang jelas. Tujuan keuangan ini tentunya bertolak pada penjualan. Besarnya biaya pemasaran harus sebanding dengan penjualan yang diproyeksikan.
Karena tujuan utama dari pemasaran tentunya adalah untuk meningkatkan penjualan suatu perusahaan. Semakin baik strategi yang dilakukan, seharusnya bisa memberikan hasil yang baik dalam penjualannya.
- Positioning Strategy
Di dalam rencana pemasaran juga harus ada strategi dalam menentukan posisi. Strategi ini dilakukan untuk menentukan seberapa kuat posisi perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain. Sehingga strategi ini nantinya akan membuat perusahaan Anda bisa mendapatkan tempat terbaik di masyarakat.
Ini bisa dilakukan dengan membuat manfaat produk lebih spesifik, meningkatkan image positif brand Anda, memastikan harga produk setara dengan kualitasnya.
- Brand Strategy
Dalam menentukan biaya pemasaran Anda juga harus bisa mengenalkan brand, salah satunya melalui iklan. Strategi ini lebih mementingkan suatu merek. Sehingga masyarakat akan mengenal dan mendapatkan brand awareness yang kuat.
Namun, strategi ini tidak secara langsung akan meningkatkan penjualan. Strategi ini lebih bersifat investasi, dimana suatu saat akan membuat masyarakat lebih percaya terhadap brand yang dimiliki.
- Mengenalkan Produk
Dalam anggaran juga harus disebutkan bagaimana pemasaran bisa mengenalkan produk yang dimiliki dengan kampanye-kampanye yang menarik dan relevan. Dengan pengenalan produk ini diharapkan konsumen akan lebih memilih produk tersebut, sehingga penjualan akan meningkatkan.
- Segmentasi Pasar yang Jelas
Agar pemasaran lebih efektif harus ada pembiayaan untuk memaksimalkan segmentasi pasar. Segmentasi pemasaran ini pastinya akan membuat strategi yang dilakukan semakin lebih efektif dan efisien. Langkah yang dapat dilakukan misalnya dengan menggolongkan pelanggan ke dalam kategori-kategori tertentu sesuai produk Anda.
Tujuannya adalah untuk mendapat gambaran dalam menentukan target market Anda.
- Rencana Penjualan
Rencana penjualan ini harus disusun secara mendetail. Mulai dari cara penjualan, bagaimana metode penjualan, dan lain sebagainya. Dengan demikian realisasi rencana penjualan akan lebih mudah dilaksanakan.
- Marketing Campaign
Komponen yang satu ini menjadi konsep utama dalam strategi pemasaran. Apa yang ingin dikampanyekan oleh perusahaan dalam strategi penjualannya. Biasanya campaign ini bisa dilihat dalam bentuk slogan.
- Detail Anggaran
Dari setiap komponen yang disebutkan sebelumnya, semuanya harus memiliki detail biaya. Semuanya harus disusun secara jelas, dan sesuai dengan anggaran. Dalam perhitungannya bisa menggunakan tools marketing calculator.
Dari detail anggaran inilah, akan diketahui seberapa besar biaya yang dibutuhkan dalam rencana pemasaran yang akan dilakukan.
- Tanggal Review
Setiap proses yang dilakukan haruslah dilakukan review dan evaluasi. Review tersebut akan memberikan masukan kepada perusahaan terkait dengan efektivitas dari aktivitas pemasaran yang dilakukan. Sehingga harus dikomparasikan dengan kondisi nyata pada hasil penjualan secara realtime.
Dengan adanya review ini, Anda juga nantinya bisa menyusun dan memperbaiki rencana anggaran untuk pemasaran. Apakah ada biaya yang bisa lebih hemat, dan lain sebagainya.
Tools Terbaik dalam Menyusun Marketing Plan Budget
Dalam menyusun sebuah rencana anggaran pemasaran ini diperlukan berbagai komponen yang tidak terlalu sederhana. Hal ini karena Anda harus bisa menyesuaikan antara strategi pemasaran dengan biaya yang harus dikeluarkan.
Namun, tidak perlu khawatir, kami menyediakan aplikasi terbaik untuk financial business secara lengkap, termasuk dalam penyusunan marketing plan budget ini, yaitu Mofin. Mofin akan membantu flow budget plan di perusahaan Anda. Termasuk spending tracking dan KPI monitoring dari tim Anda.
Tools ini menyediakan berbagai fitur profesional yang bisa digunakan secara mudah untuk menyusun anggaran keuangan perusahaan. Anda tidak akan mendapatkan kesulitan sedikitpun dalam untuk menyusun anggaran, maupun rencana marketing ini. Sehingga Anda akan lebih fokus pada aktivitas pengembangan bisnis. Itulah marketing plan budget yang akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas pemasaran terbaik. Gunakan Mofin agar semua proses penyusunan dan tracking financial business Anda lebih mudah, real-time, dan terintegrasi.