Marketing Strategy dan Langkah Pembuatannya

Marketing Strategy dan Langkah Pembuatannya

Dari sekian banyak perusahaan dengan produk sejenis, mengapa hanya sebagian kecil yang populer dan dikenal masyarakat? Keberhasilan suatu perusahaan dalam mengenalkan produknya, meski dengan banyak pesaing, tidak lepas dari keberhasilan marketing strategy.

Strategi pemasaran yang tepat akan membentuk konsumen lebih loyal, mencapai target pasar, hingga akan meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran inilah yang akan  lebih mudah mengantarkan suatu perusahaan kepada tujuan bisnisnya. 

Penasaran dengan apa itu marketing strategy? Simak ulasannya dari mulai pengertian hingga bagaimana cara membuat strategi pemasaran terbaik secara lengkap berikut!

Apa itu Marketing Strategy?

Marketing strategy adalah usaha dalam mengenalkan barang atau jasa agar lebih dikenal banyak orang. Strategi ini dilakukan dengan menggunakan rencana tertentu untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Perlu taktik dan rencana yang matang dalam memasarkan suatu produk karena berhubungan langsung dengan kepuasan konsumen. Strategi pemasaran yang baik pastinya akan berpengaruh besar pada keuntungan perusahaan.

Dalam marketing strategy planning bisnis, pemasaran menjadi faktor krusial dalam pencapaian target keberhasilan suatu usaha. Apalagi kegiatan ini berhubungan langsung dengan konsumen yang bersifat heterogen.

Pentingnya Marketing Strategy

Marketing dalam perannya menempati posisi yang sangat penting dan yang harus diperhatikan.  Meskipun usaha kecil sekali pun perlu adanya strategi marketing karena berkaitan erat dengan perkembangan dan kelangsungan hidup perusahaan, dan  membuat perusahaan lebih maju dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Kegagalan dalam menjalankan strategi marketing berdampak besar bagi perusahaaan. Kegagalan perusahaan mencapai target pasar akan berpengaruh pada profit yang didapatkan.

Perusahaan bahkan bisa mengalami kebangkrutan karena pesaing bisnis yang lebih maju dalam strategi marketingnya. Apalagi sekarang berlaku perekonomian bebas dimana masyarakat bebas memproduksi dan menjualnya tanpa batas.

Marketing Strategy VS Marketing Plan

Dalam pengertian marketing strategi yang sudah dijelaskan di awal kita mengetahui bahwa strategi marketing adalah suatu cara atau rencana untuk mencapai tujuan.

Sedangkan marketing plan  adalah penerapannya dari strategy marketing tersebut. Kedua hal tersebut saling berkaitan satu sama lain karena setiap perencanaan di strategi marketing akan diterapkan di marketing plan.

Benefit dari Marketing Strategy

Strategi pemasaran ini memberikan banyak manfaat terhadap perusahaan. Dengan adanya strategi ini, produk yang dimiliki perusahaan akan lebih mudah dikenal luas masyarakat. Hal itu pula yang memungkinkan perusahaan bisa meningkatkan penjualannya.

Nah, berikut ini beberapa manfaat dari strategi pemasaran!

  1. Meningkatkan Inovasi Bisnis

Strategi pemasaran yang baik akan mampu mengetahui kebutuhan pasar dengan tepat. Kebutuhan konsumen ini kemudian akan dibaca dan dianalisis sehingga bisa memperoleh apa yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Dari sinilah muncul inovasi produk.

  1. Membuat Koordinasi Semakin Lebih Baik

Adanya strategi pemasaran yang baik pastinya membuat koordinasi lebih mudah dilakukan. Koordinasi tersebut bisa dilakukan antar departemen, seperti antara bagian pemasaran dengan produksi. Bagian pemasaran akan berkoordinasi dengan tim produksi untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

  1. Menyusun Tujuan Pemasaran

Tujuan bisnis ini didapatkan dari pembacaan kondisi yang ada di masyarakat. Bagaimana tren di pasar dengan hasil penjualan. Dengan strategi pemasaran tersebut akan didapatkan hasil yang lebih tepat dalam merumuskan tujuan pemasaran.

  1. Mengawasi Aktivitas Marketing

Dalam strategi pemasaran tentunya sudah disusun berbagai macam pola pemasaran. Setiap rencana pemasaran dibentuk dengan rapi, sehingga tidak akan ada yang terlewat.

Pengawasan yang dilakukan dalam bentuk pengawasan tenaga kerja, jumlah penjualan, dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan Penjualan dan Pengembangan Pasar

Strategi pemasaran pastinya akan memberikan dampak terhadap penjualan. Dengan strategi ini konsumen akan jauh lebih mengenal produk. Jika lebih banyak orang yang tahu tentang produk tersebut, pastinya bisa meningkatkan daya tarik produk dimaksud.

Tipe-Tipe Marketing Strategy

Untuk menentukan strategi pemasaran Anda harus menyesuaikannya dengan bidang bisnis, dan kebutuhan konsumen. Model strategi pemasaran tersebut juga berbeda-beda, tergantung dari bagaimana efektivitas dan efisiensi dari metode yang dilakukan.

Nah, berikut ini marketing strategy contoh dan tipe yang biasanya digunakan.

  1. Direct Selling

Strategi pemasaran yang satu ini merupakan metode konvensional yang dilakukan oleh setiap perusahaan. Dalam strategi ini metode yang dilakukan bisa dengan langsung mendatangi setiap konsumen melalui sales, atau menyediakannya di toko retail.

Dengan metode ini sales akan melakukan penawaran dengan kemampuan persuasif. Semakin baik kemampuan persuasif tersebut, semakin banyak pula konsumen yang akan tertarik.

  1. Point of Purchase

Strategi ini menempatkan produk di tempat-tempat yang strategis. Tempat ini dibuat agar semenarik mungkin dengan menambahkan dekorasi atau juga spanduk, banner, baliho, dan lain sebagainya sebagai media promosi.

Dengan tempat dan media promosi yang menarik, diharapkan semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk.

  1. Earned Media

Jenis strategi yang satu ini melibatkan media untuk melakukan pemasaran. Perusahaan membayar media tersebut untuk menempatkan iklan. Seperti iklan di televisi, majalah, koran, dan lain sebagainya.

Metode ini tergolong ke dalam strategi pemasaran tidak langsung. Dari berbagai iklan di media tersebut, konsumen diharapkan akan lebih mengenal nilai dari produk, sehingga akhirnya memutuskan membeli produk.

  1. Internet Marketing

Model strategi terakhir ini menjadi the best marketing strategy dari segi media pemasaran. Penggunaan pemasaran ini dianggap paling efektif karena menawarkan berbagai kemudahan, dan sangat efektif menjangkau konsumen.

Internet marketing mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apa saja marketing strategy model ini? Yaitu SEO, ecommerce, konten video, hingga media sosial marketing.

Langkah-langkah Marketing Strategy

Ada 7 tahap marketing strategy yang efektif. Langsung saja berikut langkah-langkahnya!

  1. Membangun marketing plan

Jika strategi pemasaran sebagai tujuan pemasaran, rencana pemasaran ini lebih spesifik lagi dalam menentukan tindakan pemasaran. Dalam rencana pemasaran ini terdapat sumber daya yang digunakan, tindakan yang spesifik, dan tujuan yang lebih spesifik.

  1. Tentukan Pembeli

Menentukan pembeli maksudnya adalah menentukan pembeli ideal yang bisa diraih dengan strategi tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan segmentasi usia, wilayah, pekerjaan, dan lain sebagainya.

  1. Menentukan Tujuan Pemasaran

Ada banyak sekali tujuan pemasaran. Seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan nilai produk kepada pelanggan, mengenalkan produk baru, dan lain sebagainya.

  1. Pilih Tools yang Tepat.

Tools ini digunakan untuk mengukur secara akurat bagaimana strategi pemasaran bisa berjalan efektif. Alat ini berupa software komputer yang mampu melacak berbagai minat konsumen.

  1. Tinjau Media Pemasaran yang Bisa Digunakan

Berbagai media pemasaran yang bisa digunakan seperti media elektronik, internet, banner, dan lain sebagainya.

  1. Tentukan Campaign yang Tepat

Kampanye tersebut nantinya yang akan digunakan dalam setiap materi konten iklan, promosi, dan lain sebagainya. Dengan kampanye ini, masyarakat akan lebih tertarik dalam produk atau jasa yang dipasarkan.

  1. Menyatukan Langkah-langkah Strategi

Dari setiap langkah sebelumnya disusun menjadi satu kesatuan, dan terbentuk sebuah dokumen strategi marketing. Nah, dalam menyatukan langkah-langkah ini Anda perlu riset yang mendalam. Sehingga semuanya bisa lebih akurat.

Gunakan Tools Terbaik dalam Strategy Marketing

Mofin menyediakan software terbaik dalam membuat strategi pemasaran ini. Aplikasi ini mampu menyesuaikan semua hal yang berkaitan dengan tren yang ada di pasar, kebutuhan perusahaan, dan juga analisis yang akurat.

Mofin adalah software yang akan memberikan semua kebutuhan dalam menjalankan Financial Business termasuk dalam menyusun strategi pemasaran. Alat ini memiliki berbagai macam fitur yang akan mempermudah manajemen pemasaran Anda.

Jadi itulah pentingnya marketing strategy yang akan meningkatkan penjualan secara signifikan. Bersama Mofin, Anda akan semakin mudah dalam merealisasikan proyeksi pendapatan yang optimal menggunakan Mofin, aplikasi terbaik untuk menangani keuangan perusahaan Anda.

Mofin by DIGITS

Message us through this form; email; or chat, we will answer your inquiries within 24 hours on business days.