6 Contoh Digital Marketing Strategy untuk Perusahaan

6 Contoh Digital Marketing Strategy untuk Perusahaan

Baik untuk perusahaan besar maupun perusahaan baru berkembang, marketing strategy menjadi hal penting untuk diperhatikan dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan. Ada banyak sekali digital marketing strategy untuk perusahaan yang bisa dilakukan di era digital ini. Sebelum kita mulai membahas lebih jauh tentang contoh digital marketing strategy, mari kita pahami terlebih dahulu pentingnya sebuah strategi pemasaran untuk perusahaan.

Peran Utama Marketing Strategy

Salah satu tujuan memasarkan barang atau servis adalah untuk menarik perhatian dan minat masyarakat terhadap apa yang perusahaan Anda tawarkan. Dalam usaha memasarkan produk atau jasa, strategi pemasaran yang terencana dengan baik tentunya akan menjangkau lebih banyak orang jika dibandingkan dengan strategi pemasaran yang tidak teratur. Membuat sebuah strategi pemasaran pun memiliki langkah-langkah yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, marketing strategy memiliki peran yang besar dalam mengenalkan perusahaan Anda kepada masyarakat.

Digital Marketing Strategy

Yang dimaksud dengan Digital Marketing Strategy atau strategi pemasaran digital adalah jenis pemasaran yang menawarkan, menjual, dan mempromosikan produk dan servis yang disediakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi secara online melalui media digital seperti social media.

Ada beberapa contoh digital marketing strategy yang saat ini bisa Anda gunakan. Apa saja? Berikut ulasannya. 

  1. Pemasaran Social Media

Apa pun jenis bisnisnya, media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran produk yang banyak dipilih untuk meningkatkan penjualan.

Bagaimana tidak, ada lebih dari 150 juta penduduk Indonesia bermain media sosial secara aktif. Jika Anda dapat memaksimalkan peluang tersebut Anda berpeluang meningkatkan penjualan secara optimal.

Selain itu, sosmed menjadi tempat di mana Anda bisa mengunggah produk dan berinteraksi dengan banyak calon pelanggan secara luas dan cepat. Belum lagi ada berbagai jenis platform media sosial yang bisa Anda pilih untuk memasarkan produk. 

Tinggal cocokkan saja produk Anda dengan platform sosmed yang relevan, misalnya Facebook, Youtube, Instagram, Twitter dan TikTok.

Semua media sosial kebanyakan sudah dilengkapi tools yang dapat mendukung marketing. Ini contohnya seperti Drum Up dan SocialOomph pada Facebook atau tools Snapseed pada Instagram yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Anda cukup mengunggah konten yang berhubungan dengan produk dan mencari followers sebanyak mungkin untuk meningkatkan brand awareness. Jangan lupa menggunakan plugin media sosial untuk meningkatkan kunjungan pada website produk atau jasa anda.

  1. Content Marketing

Strategi berikutnya yaitu pemasaran konten. Selain promosi secara langsung melalui media sosial, pemasaran konten juga bisa menjadi salah satu strategi yang tepat untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan pada produk Anda. Trust yang tinggi akan meyakinkan calon pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa anda.

Ada banyak konten yang bisa Anda pilih untuk memasarkan produk di antaranya yaitu video, artikel, podcast maupun melalui elektronik book.

Untuk artikel, Anda bisa membuat konten berisi tips yang berkaitan dengan produk anda. Misalnya jika Anda berbisnis di bidang skincare, buat artikel mengenai tips memilih skincare yang benar atau perawatan kulit. 

Untuk konten video, Anda bisa menggunakan berbagai fitur pada platform TikTok yang banyak sekali digunakan.

  1. SEO

Saat ini kebanyakan jual beli produk atau jasa sudah lebih banyak dilakukan secara online. Oleh karena itu website juga menjadi salah satu media yang harus Anda miliki jika ingin meningkatkan penjualan dalam jumlah banyak. Ketika membuat website, pastikan Anda juga menerapkan SEO.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan SEO atau Search Engine Optimization. SEO sendiri merupakan salah satu metode yang digunakan agar website Anda berhasil terindeks pada halaman satu dalam mesin pencari Google.

Ketika situs Anda berada di posisi teratas atau di halaman pertama tentu akan lebih banyak calon pelanggan mengunjungi situs Anda .

Semakin banyak pengunjung, tentu peluang terjualnya produk juga akan semakin besar. Jika perusahaan Anda memiliki budget yang besar, Anda bisa menggunakan jasa atau membentuk tim SEO untuk membantu mengoptimasi website bisnis terkait.

Namun jika budget untuk pemasaran cukup terbatas, Anda juga bisa mempelajari sendiri bagaimana strategi mengoptimasi situs.

  1. Email Marketing

Strategi marketing yang baik tidak akan berhenti ketika pembeli sudah membeli produk Anda, namun bagaimana pembeli menjadi loyal dan kembali melakukan repeat order. Salah satu caranya adalah dengan email marketing.

Meski pengguna email tidak seaktif pengguna sosmed, namun email bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif. Ketika pelanggan pernah membeli produk Anda, segera kirim email yang berisi iklan, penawaran, atau informasi diskon.

Anda juga bisa mengirimkan undangan khusus, misalnya pada acara peluncuran produk baru.

Hal tersebut tentu akan membuat pelanggan lebih setia menggunakan produk Anda. Namun agar pelanggan mau membaca email tersebut pastikan email tersebut membangkitkan rasa penasaran atau ketertarikan.

  1. Paid Promote

Jika sebelumnya Anda bisa memakai platform gratis untuk membantu memasarkan produk, maka untuk meningkatkan penjualan Anda juga bisa memanfaatkan strategi paid promote atau promosi berbayar. Berikut contoh strategi pemasaran produk berbayar yang bisa Anda pilih di antaranya yaitu:

  • Social Media Advertising

Sosial media ads merupakan fitur yang ditawarkan oleh berbagai platform media sosial untuk membantu kampanye produk Anda pada audiens. Berbeda dengan mengunggah produk di akun Anda , melalui ads, promosi produk pada target audiens akan lebih tepat sasaran.

Beberapa media sosial yang menyediakan fitur ini diantaranya yaitu Facebook, Twitter, Instagram, TikTok dan YouTube. Setelah memilih media yang relevan dengan produk Anda, selanjutnya tinggal pilih jenis iklan, audiens serta jadwal penayangan iklan.

Media sosial Twitter, juga terbilang masih efektif untuk memasang iklan. Biasanya base Twitter yang sudah memiliki ratusan ribu pengikut akan membuka paid promote. 

Anda bisa meminta base tersebut untuk membantu mempromosikan produk Anda di Twitter. Caranya cukup dm akun base yang Anda pilih dan admin akan mengupload iklan produk Anda pada base.

  • Affiliate Marketing

Mungkin Anda kerap menjumpai strategi yang satu ini. Affiliate marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang dilakukan dengan meminta orang lain mengiklankan produk Anda .

Strategi ini hampir sama dengan pay per click. Orang yang mempromosikan (affiliate marketer) akan mendapatkan uang jika ada pelanggan yang mengklik link produk atau ketika pembeli membeli produk Anda. Tentu semakin banyak affiliate, semakin banyak pula peluang produk Anda dikenal oleh banyak orang.

Saat ini ada banyak sekali marketplace yang menggunakan cara ini untuk membantu mempromosikan penjualnya contohnya yaitu Shopee dan Tokopedia. Ada beberapa afiliasi yang bisa Anda pilih di antaranya yaitu influencer dan masyarakat umum.

Jika Anda ingin melakukan strategi marketing yang efektif, Anda bisa langsung memakai influencer untuk memasarkan produk Anda. Cara ini cukup ampuh digunakan karena kebanyakan follower dari influencer sangat loyal dan sering mengikuti saran dari idola mereka.

Namun jika Anda tidak memiliki banyak budget, Anda juga bisa meminta orang lain yang bukan influencer untuk mengkampanyekan produk milik Anda.

  • Pay Per Click

Seperti yang Anda ketahui, Google Ads atau Pay per click (PPC) juga sudah banyak dipilih oleh berbagai perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Cara ini juga tergolong efektif untuk membangun brand awareness dan meningkatkan traffic website. Alasannya tentu karena ada jutaan orang yang mengakses Google setiap hari.

Adapun sistemnya hampir sama seperti affiliate, yaitu dengan membayar ke Google/blogger untuk setiap kampanye yang ditayangkan di halaman pencarian atau situs mereka.

  1. Transaksional

Pemasaran transaksional merupakan strategi yang digunakan untuk menjual produk dengan jumlah banyak dalam satu waktu yang bersifat jangka pendek. Contohnya yaitu dengan memberikan diskon, promo beli dua gratis satu, atau cashback pada tanggal istimewa atau event tertentu.

Kembangkan Marketing Strategy Anda Bersama Mofin

Itulah beberapa jenis digital marketing strategy untuk perusahaan yang bisa Anda terapkan. Di era yang serba digital ini, kegiatan jual beli sudah banyak dilakukan secara online. Oleh karena itu, digital marketing menjadi solusi yang tepat untuk membantu memasarkan produk Anda.

Setelah mengetahui bahwa memiliki digital marketing strategy untuk perusahaan itu penting, Anda mungkin membutuhkan sebuah software budgeting untuk mengakumulasi dana yang perlu dikeluarkan untuk pemasaran produk Anda secara mudah dan cepat. Mofin adalah aplikasi yang salah satu fungsinya sebagai aplikasi budgeting, yang mudah digunakan untuk merencanakan anggaran dana perusahaan. Tidak perlu ragu untuk menggunakan Mofin karena free demo diberikan sehingga perusahaan dapat mencoba terlebih dahulu.

Jadi, tunggu apalagi?

Mofin by DIGITS

Message us through this form; email; or chat, we will answer your inquiries within 24 hours on business days.